Memilih Burung Murai Batu Bakalan yang Baik, 10 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Murai Bakalan

Cara Merawat Murai Batu - Seperti apa ciri-ciri murai batu bakalan yang baik? Murai batu bakalan adalah burung murai batu yang masih belum jadi, biasanya burung murai bakalan di dapat dari hasil tangkapan di hutan, murai bakalan umumnya masih liar(belum jinak), karena memang dia hidup dihutan. Burung murai batu bakalan menjadi alternatif para pencinta burung yang ingin memiliki murai batu dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun bagi orang awam yang belum tahu seluk beluk burung murai tentu bertanya-tanya, kalau misalkan saya membeli burung murai bakalan, lalu bagaimana tips atau cara memilih burung murai bakalan yang berkualitas atau yang baik?. Sebelum memutuskan untuk membeli burung murai bakalan yang masih liar, Anda bisa membaca artikel kami tentang cara menjikkan murai batu liar hasil tangkapan hutan.

Untuk memilih murai batu bakalan yang berkualitas baik ada beberapa kriteria yang perlu di perhatikan, tapi kembali lagi, kepada selera Anda, terkadang saat membeli kita sering kali lupa untuk memperhatikan kriteria tersebut, karena sudah tergiur oleh harga murai batu bakalan yang murah tersebut. Bahkan sebagian orang hanya menggunakan feeling nya saja saat membeli murai batu bakalan.Untuk itu Anda harus mengetahui ciri-ciri murai batu bakalan yang baik.

Cara memilih bakalan murai batu, pemilihan bakalan murai batu, cara memilih murai batu bakalan yang baik, cara memilih burung bakalan yang baik, murai batu bakalan yang baik, ciri-ciri murai bakalan yang baik, ciri bakalan murai batu baik, murai batu bakalan berkualitas, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih murai batu bakalan, tips memilih murai batu bakalan yang bagus, cara gampang memilih murai batu bakalan, ciri murai bagus


10 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Murai Batu Bakalan yang Baik:


1. Perhatikan Mata Murai Batu Bakalan

Kriteria yang pertama adalah mata murai batu, sebelum membeli murai batu bakalan di sarankan agar Anda memperhatikan mata burung yang hendak Anda beli. Lihat dengan seksama apakah pada mata murai batu bakalan tersebut terdapat selaput pada bola matanya. jika ternyata ada, sebaiknya Anda memilih burung yang lain saja. karena selaput putih pada bola mata merupakan indikasi bahwa burung tersebut terkena katarak, dan dapat berakibat pada kebutaan.

2. Perhatikan Kaki Murai Batu Bakalan

Warna kaki pada burung murai batu juga merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk pemilihan murai batu yang baik, disarankan agar Anda memilih burung murai batu yang berwarna hitam, dipercaya bahwa burung murai batu dengan kaki berwarna hitam memiliki mental yang bagus atau berani. Namun demikian, bukan berarti bahwa murai batu dengan warna lainnya tidak bagus, tentu saja kita juga perlu memperhatikan aspek yang lain.

Selain warna kaki yang hitam, warna pada kuku juga dipercaya memiliki pengaruh pada mental si burung. Sebaiknya hindari memilih murai batu yang memiliki kuku kaki belakang (jari kelingking) yang memiliki warna tidak sejenis(biasanya satu nya berwarna putih dan satunya hitam). Karena di percaya bahwa perbedaan pada warna kuku berpengaruh pada mental murai batu bakalan, terkadang hebat tapi juga kadang down.

3. Perhatikan Ekor Murai Batu Bakalan

Selain mata dan kuku, ternyata ekor murai batu juga merupakan salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik. Disarankan supaya memilih burung murai batu yang memiliki ekor rapat namun tidak terlalu tebal, disamping enak untuk dilihat ekor yan tidak terlalu tebal juga akan berpengaruh pada saat murai batu berkicau, karena biasanya pada saat berkicau murai batu kerap kali menggerak-gerakkan ekornya.

Disamping ketebalan ekor, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah cabang dari ekor burung murai batu bakalan yang hendak kita beli, sebaiknya hidari burung murai bakalan dengan ekor bercabang atau menggunting, sebab dipercaya bahwa burung batu dengan ciri ekor tersebut kurang sehat dan memiliki mental yang labil. Hindari juga burung murai batu bakalan yang tidak memiliki ekor.. apa ada ya? hehe... ada kok... hal ini perlu dihindari karena kita tidak tahu akan seperti apa bentuk ekornya nanti jika tumbuh ekor.

4. Perhatikan Bulu Dada Murai Batu Bakalan

Pada kebanyakan burung murai batu, warna bulu dadanya adalah kecoklatan atau cenderung coklat, bila Anda menemukan burung murai batu dengan bulu dada yang berwarna Kekuningan(burung murai batu dengan warna bulu dada kekuningan cukup sulit di temukan) maka pilihlah burung tersebut. Karena di percaya burung murai batu dengan warna dada kekuningan memiliki bakat untuk cepat berkicau dan memiliki mental yang bagus.

5. Perhatikan Usia Murai Batu Bakalan

Usia juga merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik. Sebaiknya jangan menilai usia burung murai batu hanya dari pengamatan pada kakinya, karena hal ini bisa menipu. Cara yang mudah adalah dengan melihat ke rongga mulutnya, perhatikan pada rongga mulut burung murai bakalan yang hendak di beli. Jika rongga mulut murai batu berwarna cerah atau putih menandakan bahwa murai batu tersebut masih muda. Dan bila rongganya berwarna gelap atau hitam itu bisa jadi indikasi bahwa usia burung murai tersebut cukup tua.

Semakin pekat atau gelap rongga mulut burung murai batu adalah indikasi bahwa usia burung tersebut semakin tua. Untuk murai batu bakalan yang masih muda juga memiliki ciri khas pada bulunya yaitu tanda berbintik warna coklat pada bagian sayap dalam dan luar.

6. Perhatikan Tingkah Murai Batu Bakalan

Ketika Anda memengan burung murai batu bakalan dan burung tersebut menjerit dan mematuk tangan Anda, maka itu adalah indikasi bahwa burung murai bakalan tersebut pemberani. Burung dengan mental berani dipercaya akan menghasilkan burung yang hebat untuk lomba.

Burung murai batu bakalan yang lincah dan memiliki nafsu makan yang besar juga merupakan indikasi bahwa bakalan tersebut memiliki mental yang bagus.

7. Perhatikan Bentuk Paruh Murai Batu Bakalan

Bentuk paruh juga merupakan indikasi cara memillih burung murai batu bakalan yang baik, Disarankan agar Anda memilih murai batu bakalan dengan bentuk paruh yang lebar, cukup tebal, besar serta panjang. Pada paruh bagian bawah harus lurus, hindari memilih murai batu bakalan yang memiliki paruh bengkok, karena kurang bagus. Usahakan juga memilih murai batu bakalan yang memiliki lubang hidung sedekat mungkin dengan mata.

8. Perhatikan Bentuk Kepala Murai Batu Bakalan

Ternyata bentuk kepala juga cukup berpengaruh dalam pemilihan murai batu bakalan yang baik, sebaiknya pilih burung murai batu bakalan dengan bentuk kepala yang kotak, memiliki mata yang besar dan melotot. Dipercaya bahwa murai batu bakalan dengan ciri ini memiliki mental tempur yang baik, sehingga tidak mudah down pada saat lomba.

9. Perhatikan Postur Badan Murai Batu Bakalan

Saat hendak membeli murai batu bakalan sebaiknya pilihlah murai batu dengan postur yang sedang dengan panjang leher, memiliki badan dan ekor serta kaki yang serasi. Dan hindari murai batu bakalan dengan leher yang panjang tapi berbadan pendek.

Burung murai batu bakalan yang memiliki leher yang panjang dan berisi dipercaya memiliki power suara yang kuat dan maksimal.

10. Perhatikan Sayap Murai Batu Bakalan

Selain postur badan dari murai batu bakalan, ternyata sayap juga cukup berpengaruh dalam dalam pemilihan murai bakalan yang baik. Pilihkan murai bakalan yang memiliki sayap yang mengepit rapat dan kaki yang mencengkram kuat, karena hal ini adalah tanda bahwa burung murai batu bakalan tersebut sehat.

Itulah Tips atau cara memilih murai batu bakalan yang baik dan berkualitas, semoga uraian singkat ini dapat menambah informasi Anda saat hendak membeli burung murai batu bakalan. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang cara perawatan murai batu agar cepat gacor, atau tentang cara perawatan burung murai batu untuk lomba. Selamat mencoba.

0 Response to "Memilih Burung Murai Batu Bakalan yang Baik, 10 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Murai Bakalan "

Posting Komentar